Tak semua hal yang pernah didengar dapat disimpan dan tak semua yang telah disimpan dapat dimunculkan kembali. Daya ingat merupakan
kemampuan terbatas. Sebagai orang tua melatih dan meningkatkan daya ingat anak merupakan salah satu jalan agar ia dapat menyerap
pelajaran yang telah diberikan. Jika kita ingin anak memiliki daya ingat yang luar biasa kuncinya adalah ketekunan dalam melatih . Dr. Cauhan (2004) seorang ahli Psikologi Pendidikan Merumuskan beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjadikan seorang anak memiliki daya
ingat yang "hebat", yaitu :
kemampuan terbatas. Sebagai orang tua melatih dan meningkatkan daya ingat anak merupakan salah satu jalan agar ia dapat menyerap
pelajaran yang telah diberikan. Jika kita ingin anak memiliki daya ingat yang luar biasa kuncinya adalah ketekunan dalam melatih . Dr. Cauhan (2004) seorang ahli Psikologi Pendidikan Merumuskan beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjadikan seorang anak memiliki daya
ingat yang "hebat", yaitu :
1. Over Learning
Cara pertama ini adalah dengan memberikan bahan pelajaran kepada anak secara berulang-ulang sampai ia mengerti betul hal tersebut
misalnya jika ia sudah menguasai semua modals dalam bahasa Inggris suruhlah ia menghafalnya kembali sebelum pelajaran baru diberikan.
misalnya jika ia sudah menguasai semua modals dalam bahasa Inggris suruhlah ia menghafalnya kembali sebelum pelajaran baru diberikan.
2. Mengasosiasikan makna pada pelajaran
Mengasosiasikan sebuah pelajaran dengan mengingatkan pada hal-hal yang akrab dengan anak sehingga anak mudah mengingatnya. Misalnya hari
pahlawan hendaknya orang tua mengingatkan dengan hari kelahiran saudara yang tepat 10 November.
pahlawan hendaknya orang tua mengingatkan dengan hari kelahiran saudara yang tepat 10 November.
3. Pengorganisasian bahan pelajaran
Cara ketiga adalah dengan mengelompokkan bahan-bahan atau pelajaran yang akan diberikan sehingga anak lebih mudah menghapal sesuai
dengan kategori bahan tersebut.
dengan kategori bahan tersebut.
4. Resitasi
Resitasi hampir mirip dengan over learning. Kalau pada over learning anak diminta mengulang-ulang pelajaran yang sudah
dikuasainya, maka resitasi adalah pengujian, dengan tanpa memberi contoh atau kesempatan kepada anak untuk bertanya atau membuka buku.
dikuasainya, maka resitasi adalah pengujian, dengan tanpa memberi contoh atau kesempatan kepada anak untuk bertanya atau membuka buku.
5. Kejelasan konsep
Konsep adalah hal yang penting, jika anak tidak mengerti konsep maka mereka perlu diberi kesempatan bertanya
Melatih anak tidak harus saat belajar dan tidak perlu dipaksa. Pada saat senggang hasil pemberian pelajaran akan jauh lebih baik.Selamat mencoba, dan selamat melatih anak semoga akan lahir Mozart baru yang mampu menuliskan satu gubahan lagu di luar kepala saat masih 14 tahun atau Kardinal Mezzofanty yang mampu memahami 66 bahasa dunia dan tentu saja Ahmad Salam yang mampu menghafal Al Qur'an 10 Juz
pada saat berumur 9 tahun.( Disarikan dari berbagai sumber)
pada saat berumur 9 tahun.( Disarikan dari berbagai sumber)